Knowledge Management in Service Industry

Knowledge Management in Service Industry


Judul : Empirical Research on the Status Quo of Knowledge Management and Countermeasures in High-star Hotels in China
Penulis : Yaqing Zhou dan Chenchen Wang

Image result for knowledge management in service industry


Karena pengetahuan memainkan peran yang tak tergantikan di abad ke-21, manajemen pengetahuan atau knowledge management (KM) telah menarik lebih banyak perhatian dari para ilmuwan dan pengusaha. Knowledge management hotel merupakan komponen kunci dari sistem manajemen hotel, yang merupakan kunci keunggulan kompetitif dalam kompetisi yang akan datang. Berdasarkan 1051 kuesioner yang valid dari 26 hotel berbintang tinggi, makalah ini menganalisis status quo KM dan membagi masalah yang menonjol menjadi tiga kategori, termasuk konstruksi platform, bentuk organisasi dan konstruksi budaya. 

Di era Knowledge Economy, struktur organisasi akan mengambil tren dan karakteristik baru. Organisasi horisontal lebih disukai karena fleksibilitas dan respon yang cepat. Tidak diragukan lagi, hotel harus menyesuaikan diri dengan perubahan dan membuat kinerja lebih baik. Selanjutnya, manajer pengetahuan memainkan peran yang tak tergantikan dalam KM dimana Knowledge manager adalah seseorang yang bertanggung jawab atas karya KM sebagai organizer, sekaligus supervisor. Selain itu lingkungan komunikasi yang baik akan menjamin bahwa, di satu sisi, tidak ada hambatan bagi pertukaran pengalaman, keterampilan dan gagasan baru secara gratis dan informal di antara karyawan. Kesimpulan yang diambil dari analisis pada jurnal ini adalah masih banyak ruang bagi KM untuk ditingkatkan di industri perhotelan. 

Untuk membaca jurnal lebih lengkap, dapat dengan mengakses link di bawah ini:

Comments

Popular Posts