E-Commerce

E-Commerce


Judul Jurnal : Customer Loyalty in Collaborative Consumption Model: Empirical Study of CRM for Product-Service System-Based e-Commerce in Indonesia
Penulis : Adhi Setyo Santoso, Arlo Erdaka


Image result for ecommerce indonesia


Konsumsi kolaboratif telah mengubah cara orang mengkonsumsi produk dalam beberapa tahun terakhir. Model ekonomi telah disesuaikan dengan kenaikan Start-Ups dan memungkinkan konsumen berpendapatan rendah untuk menghapus penghalang biaya dengan menggunakan konsumsi berbasis akses. 


Hingga saat ini penelitian dan studi empiris tentang praktik konsumsi kolaboratif di negara berkembang dengan konsumen berpendapatan rendah dibandingkan dengan negara maju sangat terbatas. Penulis mengeksplorasi salah satu sistem konsumsi kolaboratif, sistem layanan produk dalam hal loyalitas pelanggan dengan menggunakan data dari babyloania.com, sebuah Start-Up yang menggunakan model ini. Makalah penelitian ini ditulis untuk membantu menjelaskan beberapa faktor yang membantu penerapan sistem layanan Produk, khususnya di Jakarta, Indonesia. Penulis menggunakan metode regresi berganda dengan 266 data transaksi dari pelanggan yang telah melakukan transaksi minimal dua kali dan bergabung sebagai anggota minimal selama 4 bulan untuk memprediksi nilai masa pakai pelanggan dan memeriksa signifikansi antesedanya. Studi ini menunjukkan bahwa pengalaman awal memiliki dampak positif terhadap loyalitas pelanggan dalam sistem layanan produk. Dalam temuan penulis, nilai awal yang dirasakan dari manfaat tabungan, initial recency, dan nilai moneter awal berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang diukur dengan frekuensi transaksi dan nilai lifetime pelanggan.

Untuk membaca lebih lengkapnya dapat melalui link berikut ini :

Comments

Popular Posts