E-Commerce
E-Commerce
Judul Jurnal : Customer Loyalty in Collaborative Consumption Model: Empirical Study of CRM for Product-Service System-Based e-Commerce in Indonesia
Penulis : Adhi Setyo Santoso, Arlo Erdaka
Konsumsi kolaboratif
telah mengubah cara orang mengkonsumsi produk dalam beberapa tahun terakhir.
Model ekonomi telah disesuaikan dengan kenaikan Start-Ups dan memungkinkan
konsumen berpendapatan rendah untuk menghapus penghalang biaya dengan
menggunakan konsumsi berbasis akses.
Hingga saat ini penelitian dan studi
empiris tentang praktik konsumsi kolaboratif di negara berkembang dengan
konsumen berpendapatan rendah dibandingkan dengan negara maju sangat terbatas.
Penulis mengeksplorasi salah satu sistem konsumsi
kolaboratif, sistem layanan produk dalam hal loyalitas pelanggan dengan
menggunakan data dari babyloania.com, sebuah Start-Up yang menggunakan model
ini. Makalah penelitian ini ditulis untuk membantu menjelaskan beberapa faktor yang membantu penerapan sistem layanan Produk, khususnya di Jakarta, Indonesia. Penulis menggunakan metode regresi berganda dengan 266 data transaksi dari
pelanggan yang telah melakukan transaksi minimal dua kali dan bergabung sebagai
anggota minimal selama 4 bulan untuk memprediksi nilai masa pakai pelanggan dan
memeriksa signifikansi antesedanya. Studi ini menunjukkan bahwa pengalaman awal memiliki dampak positif terhadap loyalitas pelanggan dalam sistem layanan produk. Dalam temuan penulis, nilai awal yang
dirasakan dari manfaat tabungan, initial recency, dan nilai moneter awal
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang diukur dengan
frekuensi transaksi dan nilai lifetime pelanggan.
Untuk membaca lebih lengkapnya dapat melalui link berikut ini :
Comments
Post a Comment